Senin , 19 November 2018
Home » Kegiatan » KODIM 1418/MAMUJU LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA DENGAN PEMDA

KODIM 1418/MAMUJU LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA DENGAN PEMDA

MAMUJU. Bencana alam yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini banyak membuka mata masyarakat tentang pentingnya mempelajari tips dan cara menanggulangi dan menyelamatkan diri dari bencana. Tak terkecuali aparat keamanan negara dan stakeholder terkait di Sulbar juga ikut melakukan latihan penanggulangan bencana alam Tsunami, Banjir dan tanah longsor.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Mamuju Tengah, TNI yang terdiri dari pasukan Korem 142/tatag, Kodim 1418/Mamuju bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Mateng, Gerakan Pramuka dan beberapa stakeholder melakukan latihan bersama penanggulangan bencana tepatnya lapangan bola Polohu, Dusun Polohu, Desa Babana, Kecamatan budong-budong, Sulbar,(26/10/2018).

Wakil Bupati Mateng Drs.H.Amin Jasa,MM yang memipin Apel saat kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan penanggulangan bencana Pemda Mateng bersama TNI ini sangat strategis dan sangat bermanfaat bagi keselamatan jiwa serta dapat mendorong setiap individu memiliki jiwa yang tangguh terhadap bencana dan tentunya sudah mempunyai kemampuan untuk meminimalisir korban jika terjadi bencana.

Ditempat yang sama, Kasrem 142/Tatag Letkol Arh.Muh.Imran.M.Si yang mewakili Danrem saat sambutan mengungkapkan bahwa, latihan penanggulangan bencana alam Korem 142 tatag merupakan penjabaran dari undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang tugas dan peran TNI diantaranya melaksanakan tugas operasi militer untuk perang (OMP)dan tugas militer selain perang (OMSP) yang didalamnya melakukan bantuan penanggulangan bencana alam dan Sar serta bantuan manusia.

Selanjutnya Kasrem 142/tatag juga mengatakan bahwa latihan penanggulangan bencana yang dilaksanakan ini merupakan sarana bagi Dandim serta staf nya selaku aparat pembina kewilayahan untuk merencanakan dan menyelamatkan korban jika terjadi bencana alam.

Tak lupa Kasrem juga berharap agar satuan TNI memiliki kesiapsiagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul di daerah sesuai dengan kemampuan dan kewenangan tugas TNI.

Adapun tujuan simulasi bencana ini ialah memberikan pengetahuan tentang bahaya bencana alam, meningkatkan kewaspadaan terjadinya bencana alam, mengecek kesiapan prosedur dan peralatan, mengurangi jumlah korban bencana serta dapat memberikan manfaat dan pengalaman bagaimana sebaiknya yang kita lakukan pada saat terjadi bencana alam dan dapat menentukan jalur evakuasi juga titik kumpul.

Turut hadir dalam kegiatan simulasi penanggulangan bencana yaitu Letkol Arh. Muh. Imran. M.Si (Kasrem 142/Tatag),Letkol Inf. Agus. (Pabandya Puan Ter Kodam XIV/Hsn),Letkol Inf.Jamet Nijo. S.Sos (Dandim 1418/Mamuju ), Kepala BPBD Kab. Mateng, Kasi Ops dan Kasi Ter Korem 142/Tatag, Kapolsek Budong-budong, Kepala Dishub Mateng, Koordinator TimbTagana Mateng, Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mateng, juga pasukan yang terdiri dari TNI, BINMAS, Satpol PP, BPBD Mateng,Tagana, Damkar masing-masing 1 SSK, 1 Pok Dishub dan 3 SSK Pramuka.

About Kodim 1418/Mamuju

TANGGAP, SOLID, AKUNTABLE & DICINTAI RAKYAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.