Senin , 25 Maret 2019
Home » Bangsit » BANJIR DI MATENG AKIBAT MELUAPNYA SUNGAI BUDONGBUDONG

BANJIR DI MATENG AKIBAT MELUAPNYA SUNGAI BUDONGBUDONG

(Mateng, 28/01/2017).   Mamuju Tengah_Pada hari Jumat tanggal 27 Januari 2017 sekitar pukul 02.30 Wita, telah terjadi Bencana Alam Banjir dengan ketinggian air mulai dari 50 cm sampai dengan 1 meter telah melanda beberapa wilayah di Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat, diantaranya :
  1. Desa Tobadak.
  2. Dusun Timbu Desa Pasapa.
  3. Desa Tabolang.
Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah ini diakibatkan Sungai Budong-budong yang meluap dan tanggul irigasi jebol tidak mampu menampung debit air hujan yang terus menerus terjadi sejak beberapa hari terakhir yang mengakibatkan perumahan dan persawahan serta perkebunan terendam air dengan ketinggian sekitar mulai dari 50 cm sampai dengan 1 meter. Sampai dengan berita ini diturunkan, belum ada kerugian personel namun terdapat beberapa kerugian materiil yang harus diderita oleh warga masyarakat di beberapa wilayah tersebut, dengan jumlah rumah yang terendam banjir antara lain :
  • Desa Tobadak sebanyak 859 KK, dengan rincian :
  1. Dusun Bina Makmur sebanyak : 242 KK.
  2. Dusun Yuda Mulya sebanyak : 447 KK.
  3. Dusun Tobadak sebanyak :   70 KK.
  4. Dusun Batu Sitanduk sebanyak : 100 KK.
  • Desa Pasapa : Persawahan dan Perkebunan terendam air dan mengakibatkan terancam gagal panen.
  • Desa Tabolang : Akses jalan poros dari dan menuju Sulawesi Tengah terendam air, sehingga seluruh kendaraan yang melintas dialihkan ke arah Desa Tangkau tembus Desa Salupangkang.
Bantuan logistik sampai saat ini diantaranya dari Ketua DPRD Kab. Mamuju Tengah yang sudah sampai ke lokasi bencana, yaitu :
  1. Mie Insntan sebanyak : 16 Karton.
  2. Air Mineral sebanyak : 10 Karton.
Kondisi terakhir di lokasi bencana banjir dilaporkan air sudah mulai surut kurang lebih 10 cm dan warga masyarakat sekitar yang dibantu oleh Babinsa bersama-sama bergotong-royong melaksanakan kegiatan Karya Bakti menutup tanggul irigasi persawahan dan perkebunan yang jebol. #RzQ

About Kodim 1418/Mamuju

TANGGAP, SOLID, AKUNTABLE & DICINTAI RAKYAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.