Senin , 22 April 2019
Home » Kegiatan » KODIM 1418/MAMUJU MELAKSANAKAN AKSI GERAKAN NASIONAL INDONESIA BERSIH (GNIB) BERSAMA KOMPONEN BANGSA LAINNYA

KODIM 1418/MAMUJU MELAKSANAKAN AKSI GERAKAN NASIONAL INDONESIA BERSIH (GNIB) BERSAMA KOMPONEN BANGSA LAINNYA

02(Mamuju, Minggu 6/3/2016).   Permasalahan lingkungan hidup di Indonesia akhir-akhir ini semakin mengemuka. Tidak hanya terkait dengan pelestarian lingkungan hidup yang ada di sekitar kita semata, tetapi juga merupakan bagian dari konsep pembangunan berkelanjutan yang saat ini menjadi perhatian di seluruh dunia. Dari tahun ke tahun pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan kualitasnya. Perbaikan cara pandang masyarakat terhadap lingkungan hidup yang berwawasan etika lingkungan perlu terus dilakukan. Kegiatan Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) dengan cara membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal khususnya pangkalan dan asrama TNI, merupakan salah satu program yang dilakukan untuk secara bersama-sama menjaga lingkungan hidup kita.

03Kegiatan Program Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) TA. 2016 yang dilaksanakan oleh Satuan Jajaran Kodim 1418/Mamuju yang merupakan wujud kepedulian Kodim 1418/Mamuju dalam ikut menjaga kebersihan lingkungan di sekitar pangkalan/asrama Kodim 1418/Mamuju serta lingkungan masyarakat. Kegiatan mendaur ulang sampah, membuang limbah dan sampah pada tempat-tempat yang telah ditentukan serta kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kelestarian dan kebersihan lingkungan sangat penting untuk terus dilakukan.

04Tema Kegiatan Program Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) TA. 2016 yang dilaksanakan oleh Satuan Jajaran Kodim 1418/Mamuju adalah “MELALUI GERAKAN NASIONAL INDONESIA BERSIH, KITA WUJUDKAN LINGKUNGAN SATUAN JAJARAN TNI AD YANG BERSIH, SEHAT DAN INDAH DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM BUDAYA BERSIH YANG BERKELANJUTAN GUNA TERCIPTANYA LINGKUNGAN MASYARAKAT YANG SEHAT DAN NYAMAN”.

Adapun Tujuan Kegiatan Program Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) TA. 2016 yang dilaksanakan oleh Satuan Jajaran Kodim 1418/Mamuju adalah untuk mewujudkan Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) TA. 2016 di lingkungan Satuan Jajaran Kodim 1418/Mamuju dan membantu mempercepat program pemerintah yang berkelanjutan khususnya tentang budaya bersih lingkungan melalui Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) TA 2016 di lingkungan Satuan Jajaran Kodim 1418/Mamuju maupun di lingkungan masyarakat.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai pada Kegiatan Program Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) TA. 2016 yang dilaksanakan oleh Satuan Jajaran Kodim 1418/Mamuju adalah :

1.  Terlaksananya Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) di lingkungan Satuan Jajaran Kodim 1418/Mamuju; 2.  Terlaksananya Gerakan Nasional Indonesia Bersih(GNIB) di kompleks asrama/pangkalan dan perumahan Kodim 1418/Mamuju maupun di lingkungan perumahan prajurit non dinas; 3.  Terlaksananya Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) di lahan milik Kodim 1418/Mamuju; 4.  Terlaksananya Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) di kompleks/fasilitas umum yang menjadi tempat beraktifitas masyarakat; 5.  Terlaksananya sarana kebersihan seperti alat kebersihan dan tempat sampah di lingkungan satuan, kompleks asrama/pangkalan dan perumahan Kodim 1418/Mamuju maupun di lingkungan perumahan prajurit non dinas; 6.  Terlaksananya upaya membantu mempercepat program pemerintah dalam membudayakan kebersihan lingkungan dan mendaur ulang sampah/limbah serta membuang sampah pada tempatnya; 7.  Terlaksananya kampanye budaya bersih lingkungan melalui Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB); dan 8.  Terciptanya sebuah sistem koordinasi antara instansi pemerintah daerah, swasta dan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman.

05Pelaksanaan Kegiatan Program Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) TA. 2016 yang dilaksanakan oleh Satuan Jajaran Kodim 1418/Mamuju pada hari Jumat tanggal 4 Maret 2016 dimulai pukul 06.30 Wita sampai dengan 10.00 Wita bertempat di kompleks/fasilitas umum dan Lapangan Merdeka Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat dengan melibatkan personel Kodim 1418/Mamuju bersama masyarakat dan komponen bangsa lainnya.#(RzQ)

About Kodim 1418/Mamuju

TANGGAP, SOLID, AKUNTABLE & DICINTAI RAKYAT
.